Langkah paling penting diawal sebelum kita mengisikan data di web kita dan sebelum kita melakukan usaha pemasaran di internet adalah menentukan kata kunci, oleh karena kata kunci inilah nantinya yang akan membuat kita mudah ditemukan oleh para calon customer ketika mereka melakukan pencarian di search engine.

Perencanaan Keyword, ya… inilah langkah yang harus dilakukan

Google telah menyiapkan tools agar kita dapat menganalisa keyword apa yang sesuai dengan produk yang akan kita jual melalui website, tools itu dinamakan Google Keyword Planner.

Berikut adalah cara menggunakan Google Keyword Planner

Langkah 1

Bukalah halaman https://adwords.google.co.id/KeywordPlanner, lalu klik button “Masuk ke Adwords”

keyword-planner-1

Langkah 2

Kemudian Anda akan diminta untuk login menggunakan akun gmail

keyword-planner-2

Langkah 3

Anda akan dibawa kehalaman selamat datang di google adwords, klik “Abaikan penyiapan terpadu”

keyword-planner-3

Langkah 4

Kemudian isikan email Anda sekali lagi, tentukan negara, zoa dan mata uang lalu klik “Simpan dan Lanjutkan”

keyword-planner-4

Langkah 5

Lalu Anda akan dibawa kehalaman utama adwords, pilihlah menu “Alat” atau “Tools” jika dalam bahasa inggris, lalu pilihlan “Perencanaan Kata Kunci” atau “Keyword Planner” jika dalam bahasa Inggris

keyword-planner-5

Langkah 6

Kemudian mari kita mulai mengisikan data yang berkaitan dengan penargetan kita, mulailah dengan klik “Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web atau kategori”

keyword-planner-6

Langkah 7

Isikanlah sesuai contoh gambar dibawah ini, ini hanyalah ilustrasi dengan mengambil contoh produk batik. Isikanlah kata kunci dasar (dalam hal ini “batik”) pada isian produk dan layanan Anda. Kemudian kosonglah isian web dan kategori produk Anda, atau Anda dapat juga lakukan pengisian sesuai produk Anda. Setelah semua terisi sesuai dengan penargetan Anda, klik “Dapatkan Ide”

keyword-planner-7

Langkah 8

Terakhir, data yang berkaitan dengan kata kunci dasar (dalam hal ini “batik”) akan ditampilkan. Daftar kata kunci itulah yang dapat Anda target didalam tulisan-tulisan di web Anda.

Dari daftar kata kunci tersebut, sebaiknya Anda analisa terlebih dahulu, kelompokkan menurut persaingan, harga atay yang lainnya. Exportlah data tersebut ke excel dan mulailah lakukan analisa kata kunci terbaik mana yang akan Anda targetkan.

keyword-planner-8